Faktor Tersembunyi Pemicu Sulit Hamil

Banyak wanita menikah sulit hamil. Di Amerika Serikat, 7,3 juta wanita mengalaminya. Sebesar 10 persen di antaranya tak terdeteksi penyebabnya. Namun, sejumlah pakar medis menduga penyebab ketidaksuburan bisa berasal dari lingkungan rumah yang terkontaminasi.

Lingkungan rumah yang tak sehat bukan hanya dapat memengaruhi kesuburan wanita, tapi juga pria. Ini mungkin membantu menjelaskan fakta yang menyatakan bahwa sebanyak 40 persen pria mengalami infertilitas.

Seperti dikutip dari laman Shine, sofa, lantai, dan tempat-tempat lain di lingkungan rumah bisa berkontribusi sebagai penyebab ketidaksuburan. Bahkan, peralatan rumah tangga dari plastik, bahan kimia, dan alat masak juga bisa menghambat kehamilan.

1. Bahan kimia
Konveyor kimia yang ditemukan di cat, pernis, thinner, resin, karet, pelumas, pewarna, deterjen, isolasi, tinta, film, kosmetik, cairan pembersih, cat kuku, dan produk sejenis lainnya dapat mengganggu siklus haid wanita, bahkan bisa memicu keguguran.

Pada pria, bahan-bahan kimia ini juga bisa menurunkan kualitas sperma. Intinya, jika ingin sehat dan sistem reproduksi bekerja dengan baik, jangan menggunakannya terlalu berlebihan. Harus jeli memilih produk ramah lingkungan.

2. Sofa dan karpet
Bantal sofa, kursi mobil, karpet, casing perangkat elektronik tak jarang mengandung bahan kimia difenil eter bifenil (PBDE) yang dapat mengontaminasi darah. Dalam penelitian terbaru, wanita dengan kadar tinggi PBDE dalam darah membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil.

Wanita harus menghindari lokasi, di mana karpet sedang dibersihkan. Lebih baik tidak membersihkan furnitur sendiri jika tengah melakukan program kehamilan.

3. Sabun
Sabun antibakteri mengandung triclosan dirancang untuk melindungi pasien rumah sakit yang rentan terhadap infeksi. Triclosan juga ditemukan di sampo dan pasta gigi tertentu. Bahan kimia ini dapat mengganggu hormon endokrin dan telah terbukti mengganggu sistem reproduksi pada beberapa ikan air tawar.

Kontaminasi triclosan meningkatkan kadar hormon wanita pada ikan jantan sehingga menurunkan jumlah sperma mereka. Meskipun belum terbukti bahwa dampak triclosan bisa menghambat kesuburan manusia, tapi Anda tetap perlu mewaspadainya.

4. Plastik elastis
Jangan biarkan tubuh terbiasa melakukan kontak dengan senyawa kimia phthalates yang biasa digunakan dalam produk plastik rumah tangga. Meski sudah muncul larangan penggunaan senyawa ini, namun tak jarang masih muncul dalam wujud cat kuku, tirai vinyl shower, lantai ubin vinil, perekat, bahan bangunan, plastik, bahkan mainan seks.

Senyawa itu berpotensi memengaruhi kualitas dan jumlah sperma, serta mampu merusak DNA. Pada wanita, beberapa ilmuwan menduga bisa menyebabkan endometriosis, suatu kondisi yang mengganggu siklus menstruasi dan dapat mengganggu pembuahan.

Hindari membeli produk-produk yang terbuat dari PVC lembut. Hindari juga penggunaan wadah plastik saat memanaskan makanan di microvawe, lebih baik menggunakan kaca atau stainless steel untuk makanan dan minuman panas. Hindari pula berguling-guling di lantai vinil Anda.

5. Panci antilengket
Sejumlah produk panci antilengket mengandung senyawa perfluorinated, yang dapat memengaruhi reproduksi. Wanita yang memiliki kesulitan hamil lebih mungkin memiliki tingkat senyawa perfluorinated yang tinggi dalam darah mereka dibandingkan mereka yang mudah hamil.

 

source : http://kosmo.vivanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s