OTAK, ORGAN PENENTU UNTUK TUMBUH KEMBANG NORMAL

Kita semua mungkin akan tercengan apabila dapat melihat ukuran kepala janin di dalam kandungan saat usia kehamilan 5 bulan. Pada saat ini, kepala janin ternyata jauh lebih besar disbanding ukuran tubuhnya. Otak janin tumbuh dengan kecepatan yang tinggi saat di dalam kandungan. Ketika lahir, otak bayi mencapai 25 persen ukuran otak dewasa. Hanya dalam waktu satu tahun diawal kehidupan seorang bayi, otaknya telah mencapai 70 persen ukuran otak orang dewasa. Begitu pesatnya pertumbuhan otak bayi pada periode satu tahun pertama ini, sehingga periode awal kehidupan seorang bayi merupakan periode yang sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak, bahkan akan menentukan untuk seumur hidupnya.

Prinsip perkembangan otak anak yang sedang berkembang : Use it, or loose it forever..!!

Fakta-fakta tentang perkembangan otak ini telah dibuktikan melalui banyak penelitian dengan teknologi tinggi dan modern. Maka manfaatkanlah masa pertumbuhan otak bayi yang paling pesat ini. Inilah peluang yang terbaik untuk mendapatkan bayi yang cerdas. Kehilangan kesempatan memanfaatkan periode ini, maka kehilangan itu akan SELAMANYA…!!

Otak janin mulai terbentuk berupa lempengan ketika ibu hamil berusia sekitar 3-4 minggu. Didalamnya mengandung ratusan milyar sel-sel otak yang diproduksi dan memperbanyak selama masa awal kehamilan. Puncak jumlah sel-sel otak tidak lagi mengalami peningkatan berarti, dan bahkan banyak yang mengalami kematian. Saat lahir, otak bayi mengandung sekitar 100 milyar sel-sel otak.

Selama otak berada dalam masa pertumbuhan yang paling cepat diawal kehidupan bayi, sel otak yang dinamakan neuron berada dalam keadaan paling peka dan rawan terhadap perubahan yang terjadi didalam lingkungan sekitarnya. Sehingga keadaan otak anak saat itu sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya, baik kondisi positif maupun negatif.

Banyak hal sederhanan yang anda dapat lakukan untuk ikut berperan mempengaruhi pertumbuhan otak bayi.

Otak yang terbentuk dengan baik dimasa awal kehidupan akan menjamin pertumbuhan dan perkembangannya untuk seluruh masa hidupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s